Pages

Subscribe:

ShoutMix chat widget

Minggu, 29 Januari 2012

7 cara cari duit online lewat blog

7 cara yang saya bahas bukan berarti tidak ada cara lain, hanya saya 7 cara ini yang menurut saya paling potensial. Setiap cara cari duit punya teknik dan kunci suksesnya sendiri-sendiri yang kalau dibahas membutuhkan ruang tersendiri. Di sini saya tulis garis besarnya saja :

PPC & Adsense 

PPC dan Adsense merupakan cara mencari duit online paling mudah karena cara konversi sangat mudah yaitu hanya klik saja anda sudah dapat duit. Kunci sukses agar konversi klik adsense diblog anda banyak adalah pandai-pandai mencuri perhatian pengunjung untuk melihat iklan PPC adsense.

Asalkan anda bisa menarik perhatian pengunjung sehingga banyak yang melirik iklan dapat dipastikan CTR (konversi klik) iklan anda bertambah banyak. Beberapa cara untuk mencuri perhatian pengunjung antara lian penempatan iklan yang efektif, pemilihan warna iklan, pemilihan ukuran format iklan.

PPM (Pay per Impression)

Sedikit berbeda dengan PPC dan adsense Program PPM akan membayar blogger untuk setiap 1000 kali iklan yang tampil. Program PPM sangat cocok bagi blog yang punya banyak penggemar. Bukan saja traffik yang datang dan pergi tanpa kembali tapi traffik penggemar setia yang bisa datang setiap saat. Karena satu alasan utama para advertiser memasang iklan adalah alasan branding produk. Tentunya agar produknya terkenal dan melekat dibenak calon konsumen (dalam kasus ini adalah pengunjung blog) maka iklan produk mestilah terlihat beberapa kali.
Alasan kedua untuk mencari untuk dari program PPC. Bila biaya PPM lebih murah dan nilai CTR dari PPC tinggi maka advertiser bisa memperoleh keuntungan dari selisih biaya PPM dan PPC. Tentunya untuk melakukan hal ini harus penuh perhitungan dan ketelitian yang tepat.
Beberapa website yang menawarkan program PPM Tribal Fusion, Burst Media, Casale Media, Value Click Media. Bentuk iklannya yang biasa digunakan adalah Pop under

Bisnis Affiliate

Bisnis affiliasi / affiliate berarti memasarkan produk orang lain dengan komisi sekian persen dari penjualan. Tingkat konversi bisnis affiliasi lebih sulit karena seorang konsumen cenderung antipati terhadap penawaran produk baru dan lagi mereka juga butuh sebuah alasan kuat kenapa harus membeli lewat link affiliasi yang anda tawarkan jika tidak ada untungnya bagi anda.
Kunci sukses bisnis affiliasi adalah kepercayaan , ketergantungan/loyalitas dan saling menguntungkan. Untuk bisa mendapatkan kepercayaan pengunjung anda berarti anda harus sering berinteraksi dengan konsumen anda dengan bentuk artikel yang bermanfaat bagi pengunjung.Sangat kecil kemungkinan seseorang langsung membeli produk yang anda tawarkan padahal dia baru satu kali membaca blog anda. Salah satu kunci mendapat kepercayaan pengunjung anda adalah dengan selalu memberikan nilai lebih pada konten yang anda tulis.
Bila kepercayaan pengunjung sudah anda dapat, maka bila anda merekomendasikan sebuah produk tentu mereka mengikuti perintah anda.

Advertising

Advertising berarti memasang promosi iklan dari perusahaan, web, produk lain. Komisi pengiklanan ditentukan oleh ukuran dan posisi penempatan iklan. Bentuk Advertising biasanya berupa banner gambar. Banner yang paling populer digunakan adalah ukuran 125 x 125.
Untuk mencari advertiser bisa memasang page khusus pengumuman advertising di blog anda. Bisa juga dengan ikutan jadi publisher di broker advertising. Broker yang paling populer salah satunya BuySellAds.com . Anda bisa belajar dari para publisher yang ada di BuySellAds.com tentang posisi iklan yang bagus.
Salah satu cara menggait advertiser agar mau mempromosikan iklannya adalah dengan memberikan statistik traffik blog anda secara lengkap dan jelas.Pemberian bonus, atau trial juga disukai advertiser.
Anda juga bisa mengelola advertising di blog wordpress sendiri dengan bantuan plugin OIOPublisher ,plugin OIOPublisher ini berfungsi mengatur dan memanage iklan-iklan anda termasuk memberikan fasiliatas kemudahan bertransaksi.

Jual produk sendiri

Menjual produk via blog juga cara yang efektif cari uang online. Produk yang anda tawarkan bisa berupa produk maya seperti software, ebook, video tutorial maupun produk nyata. Menjual produk via blog seperti membuat toko online dengan cita rasa blogging. Tentunya review, fitur dan artikel yang anda tulis diblog akan lebih menyugesti pengunjung untuk membeli produk anda.
Asalkan anda juga menuliskan artikel yang bermanfaat, dan menuliskan review secara persuasif dan halus tentu akan lebih membujuk pengunjung untuk membeli.

Jasa tutorial private tuto dan konsultasi online

Pada beberapa kasus, niche / topik blogging yang anda pilih mungkin tergolong sulit dan hanya beberapa orang saja yang benar-benar menguasai dan sukses. Justru bila anda termasuk orang  sukses dan ahli dibidang tersebut kinilah saatnya memanfaatkan blog anda sebagai tempat memberikan layanan Coaching / Pelatihan privat kepada yang berminat belajar kepada anda.
Tentunya Coaching berbeda dengan yang namanya belajar via ebook atau video saja karena mestilah bisa saling diskusi dan komunikasi 2 arah. Untuk itu anda harus punya kurikulum yang jelas, jadwal kelas dan bahan materi. Karena banyaknya bahan yang harus dibutuhkan untuk melakukan sebuah pelatihan tentunya biaya pendidikannya lebih mahal dibanding belajar via tutorial online semisal ebook. Rata-rata biaya pelatihan tentang bisnis online mencapai 2 juta-an.
Menjual konten dengan blog membership
blog membership adalah  blog yang memiliki distribusi artikel dalam dua jenis artikel free member dan artikel khsusu member berbayar. Terkadang artikel blog membership hanya untuk member berbayar. Dengan membayar biaya bulanan blog anda bisa diakses oleh para member yang membayar via feed, newsletter, maupun login ke member area blog anda.
Untuk pengaturan posting , anda bisa bisa menggunakan plugin membership seperti emember. Bila sudah anda anggota cafebisnis , bisa pula memanfaatkan plugin WP Affiliasi dari cafebisnis untuk membuat blog membership. Plugin WP Affiliasi cafebisnis bisa menjadikan sebuah posting menjadi 3 jenis free artikel, artikel khusus free member dan artikel premium.
Untuk membuat blog membership tidak mudah bukan saja masalah pembuatan artikel posting tetapi juga masalah bagaimana cara meyakinkan pengunjung bahwa dengan membayar iuran mereka akan memperoleh artikel yang lebih bermutu dan bermanfaat dibanding artikel gratisan. Untuk belajar blog membership silahkan download ebook tutorial blog membership dari Yaro.

Menjual blog

Menjual blog adalah alternatif terakhir yang bisa anda lakukan untuk mendapat duit online. Misalkan setelah blog yang rawat dan kembangkan selama setahun tetap saja tidak menghasilkan atau hanya menghasilkan recehan sehingga tidak sesuai dengan biaya dan usaha yang anda lakukan, silahkan anda bisa menjualnya.
Bisa pula anda menjualnya kepepet butuh duit banyak.
Kenapa adaorang  yang mau membeli blog yang tidak menghasilkan bagi anda? Ya karena menurut pembeli dia merasa bisa mengembangkan lebih baik dari pada anda. Begitu juga anda bisa pula membeli blog yang sudah jadi untuk anda kembangkan sendiri.
Beberapa pertimbangan pembeli memilih blog anda antara lain, nama domain , penghasilan per bulan yang bisa anda peroleh dari blog tersebut, traffik , rangking di google untuk kata kunci tertentu, pagerank, alexa ranking dll. semain banyak dan bagus statistik blog anda akan semakin mahal harga jualnya.
Untuk belajar menjual blog silahkan belajar membeli panduan rahasia flip . Tempat untuk jual beli blog silahkan masuk  flilppa.com

sumber: http://www.ayoblogging.com/2011/04/7-cara-cari-duit-online-lewat-blog.html

0 comments: